#menubar{ width:900px; height:32px; background:#de360f; margin: 0 auto; } #menubar ul{ float:left; margin:0; padding:0; } #menubar li{ float:left; list-style:none; margin:0; padding:0; } #menubar li a, #menubar li a:link{ border-right:1px solid #F0512D; float:left; padding:8px 12px; color:#fff; text-decoration:none; font-size:13px; font-weight:bold; } #menubar li a:hover, #menubar li a:active, #menubar .current_page_item a { color:#ffa500; text-decoration:underline; } #menubar li li a, #menubar li li a:link, #menubar li li a:visited{ font-size: 12px; background: #de360f; color: #fff; text-decoration:none; width: 150px; padding: 0px 10px; line-height:30px; } #menubar li li a:hover, #menubar li li a:active { background: #F0512D; color: #ffa500; } #menubar li ul{ z-index:9999; position:absolute; left:-999em; height:auto; width:170px; margin-top:32px; border:1px solid ##F0512D; } #menubar li:hover ul, #menubar li li:hover ul, #menubar li li li:hover ul, #menubar li.sfhover ul, #menubar li li.sfhover ul, #menubar li li li.sfhover ul{ left:auto } #menubar li:hover, #menubar li.sfhover{ position:static }

Sabtu, 02 Agustus 2014

Immunologi : Mengenal Immunoglobulin, Protein Kecil Musuh Para Penyakit



Halo para pecinta sains
Kali ini asli saya akan memberikan sedikit informasi mengenai apa yang saya ketahui. Hmm.. teman-teman pasti pernah mengalami sakit kan? Dan pastinya sakit itu tidak menyenangkan bukan? Untungnya tubuh kita memiliki berbagai pertahanan berlapis ganda untuk menangkal semua faktor penyakit yang ada di luar dan di dalam tubuh kita.
Dalam biologi kita akan mengenal dua sistem pertahanan tubuh yaitu, spesifik dan nonspesifik. Spesifik artinya tubuh menghancurkan faktor penyakit yang spesifik seperti penyakit penyakit khusus dan secara intensif contohnya imunoglobulin yang dihasilkan oleh sel B. Nonspesifik artinya tubuh menghalangi atau menghancurkan semua faktor penyakit sebelum bertambah parah, contohnya kulit kita yang menghalangi masuknya berbagai kuman penyakit dan enzim lisozim pada air liur kita yang membunuh sebagian kuman penyakit yang ada pada makanan yang kita makan.


Untuk lebih jelasnya
Mekanisme pertahanan nonspesifik
Garis pertahanan pertama
·         Kulit
·         Membran mukosa
·         Sekresi dari kulit dan membran mukosa
Garis pertahanan kedua
·       Sel darah putih fagositik
·       Protein antimikroba
·       Respons peradangan
Mekanisme pertahanan spesifik
·         Limfosit
·         Antibodi

Kembali lagi ke Immunoglobulin, kita akan bahas langsung ke inti inti pokok saja ya...

Apa sih yang dimaksud dengan immunoglobulin?
Immunoglobulin atau yang bisa disingkat Ig adalah protein yang dihasilkan oleh Sel B yang bertugas untuk berikatan dengan kuman penyakit dan membuat kuman tersebut lebih mudah dimangsa oleh makrofag.

Apakah Ig itu sama dengan antibodi?
Ya, Ig nama umumnya antibodi

Sel apa yang menghasilkan Ig?
Sel yang menghasilkan Ig adalah sel B. Sel B itu sendiri adalah sel limfosit yang dihasilkan di sumsum tulang atau hati janin, tanpa mengalami pendewasaan di kelenjar timus.

Organel pada sel B apa yang menghasilkan Ig?
Karena Ig adalah protein yang diangkut  dari sel B dan keluar sel B, dan protein dihasilkan oleh ribosom melalui proses yang disebut sintesis protein. Maka organel sel yang menghasilkan  adalah Retikulum Endoplasma Kasar. Ingat bahwa Retikulum Endoplasma Kasar banyak mengandung banyak ribosom.

Kapan Ig diaktifkan oleh tubuh untuk melawan penyakit?
Ig di dalam selalu ada di dalam darah baik pada orang yang sehat maupun orang yang sakit, tapi pada orang yang sakit, sel B menghasilkan Ig khusus penyakit yang diderita lebih banyak.

Seperti apakah bentuk Ig?
Bentuk Ig pada umumnya berbentuk huruf Y. Disusun oleh 2 rantai, yaitu rantai ringan dan rantai berat, dan antar rantai dihubungkan dengan ikatan disulfida, suatu ikatan kovalen antara dua unsur sulfur.


Ada berapa jenis Ig pada manusia?
Pada manusia terdapat lima kelas Ig yaitu :
·         IgM
IgM adalah antibodi pertama yang bersirkulasi sebagai respons terhadapan pemaparan awal suatu antigen. Konsentrsinya dalam darah menurun secara cepat. Hal ini secara diagnostik bermanfaat karena kehadiran IgM umunya mengindikasikan adanya infeksi baru oleh patogen yang menyebabkan pembentukannya.
IgM terdiri dari lima monomer berbentuk Y yang tersusun dalam struktur pentamer. Tempat pengikatan antigen yang banyak itu membuatnya menjadi sangat efektif dalam mengaglutinasikan atau menggumpalkan antigen antigen dan dalam reaksi yang melibatkan komplemen.
Namun, IgM terlalu besar untuk menembus plasenta dan tidak memberikan kekebalan maternal.
·         IgG
IgG adalah antibodi yang paling berlimpah dalam sirkulasi. Antibodi ini dengan mudah melewati dinding pembuluh darah dan memasuki jaringan cairan. IgG juga menembus plasenta dan memberikan kekebalan pasif dari ibu ke janin. IgG melindungi tubuh dari bakteri, virus dan toksin yang beredar dalam dalam darah dan limfa dan memicu sistem komplemen.
·         IgA
IgA dihasilkan pada bentuk dua monomer Y oleh sel-sel yang terdapat berlimpah dalam membran dalam membran mukosa.
Fungsi utama IgA adalah untuk mencegah pertautan virus dan bakteri ke permukaan epitelium. IgA ditemukan pada sebagian besar sekresi tubuh,seperti ludah, keringat, dan air mata. Kehadirannya dalam kolostrum (air susu yang pertama keluar pada mamalia yang menyusui) membantu melindungi bayi dari infeksi gastrointestinal.
·     


·         IgD
Antibodi IgD tidak mengaktifkan sistem komplemen dan tidak dapat menembus
Plasenta. IgD terutama ditemukan di permukaan sel B, yang kemungkinan berfungsi sebagai suatu reseptor antigen yang diperlukan untuk memulai diferensial sel-sel B menjadi sel plasma dan sel memori.
·         IgE
Antibodi IgE berukuran sedikit lebih besar dibandingkan molekul IgG dan hanya mewakili sebagian kecil dari total antibodi dalam darah. Daerah ekor berikatan dengan reseptor pada sel mast dan basofil dan, ketika dipicu oleh antigen, menyebabkan sel-sel itu membebaskan histamin dan zat kimia lain yang menyebabkan reaksi alergi.

Apakah hewan lain juga memilki Ig?
Pada hewan tertentu, khususnya vertebrata, sudah memiliki Ig. Contohnya kura-kura sudah memiliki IgM,IgG. Aves sudah memiliki IgM ,IgG ,IgA.

Seperti apa cara kerja Ig?
Ig atau antibodi dapat bekerja menjadi 4 proses yaitu Netralisasi (menempelnya antibodi ke antigen, kemudi menghalangi tempat pengikatan virus; membungkus bakteri/ atau opsonisasi), Aglutinasi (menempelnya antibodi ke antigen dan membentuk suatu gumpalan), Presipitasi (pengendapan), dan Fiksasi komplemen yang bertujuan memecahkan sel terinfeksi.
Note : Bakteri atau virus yang mengalami netralisasi atau aglutinasi atau presipitasi akan dimakan oleh makrofag

Daftar Pustaka

Campbell,Neil.A :2004 Biologi edisi kelima jilid 3 : Bandung : Penerbit Erlangga
Playfair, J.H.L : 2009 At a glance : Imunologi : Bandung : Penerbit Erlangga




Sekian teman-teman informasi yang dapat saya sampaikan, apabila teman teman teman ingin menanyakan tentang imunologi, atau ada yang hal yang kurang jelas pada tulisan di atas, teman-teman dapat menuliskan pada kotak komentar tersedia di bawah ini. Terima kasih.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar